Site news

Launching Situs Kuliah Baru

 
 
Picture of Administrator Situs Kuliah UAJY
Launching Situs Kuliah Baru
by Administrator Situs Kuliah UAJY - Sunday, 2 March 2014, 11:07 PM
 
Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) telah menyediakan Learning Management System (LMS) berbasis Moodle selama beberapa tahun terakhir dengan alamat http://kuliah.uajy.ac.id. Penyediaan LMS ini bertujuan untuk mendukung proses belajar mengajar dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Setelah dilakukan evaluasi, maka dirasa perlu untuk melakukan upgrade LMS Moodle ke versi yang lebih baru yang memiliki fitur-fitur lebih baik. Oleh karena itu, mulai Semester Genap TA 2013/2014, diluncurkan situs kuliah yang baru dengan alamat http://kuliah.uajy.ac.id. (Catatan: setelah proses transisi selesai - kurang lebih satu semester, maka situs kuliah baru akan menggunakan alamat http://kuliah.uajy.ac.id). Situs kuliah yang baru telah terintegrasi dengan layanan Single-Sign On (SSO) yang telah dimiliki oleh UAJY. Hal ini bertujuan untuk membantu pengguna agar tidak terlalu banyak mengingat-ingat account yang akan digunakan untuk mengakses layanan TIK UAJY, khususnya layanan situs kuliah. Data keluhan yang disampaikan di Sistem Informasi Helpdesk Kantor Sistem Informasi UAJY menunjukkan bahwa banyak mahasiswa yang kesulitan mengakses situs kuliah yang lama karena lupa password yang dirasa terlalu rumit. Situs kuliah baru telah memungkinkan mahasiswa untuk login menggunakan account SIATMA yang juga digunakan untuk mengakses layanan Hotspot. Sedangkan untuk dosen, dapat mengakses situs kuliah dengan menggunakan account SIMKA. Selain integrasi dengan SSO, situs kuliah yang baru juga menerapkan mekanisme yang baru, yaitu: 1. Mata kuliah akan di-create per semester. Hal ini bertujuan untuk merekam history mengenai aktivitas mata kuliah setiap semesternya. 2. Dosen harus mengaktifkan mata kuliah yang di-create dengan membuatnya menjadi visible sehingga dapat diakses oleh mahasiswa. Hal ini bertujuan untuk mengukur prosentase mata kuliah yang aktif per semesternya. 3. Dosen disarankan meng-upload materi dan berbagai sumber daya pendukung kegiatan perkuliahan lainnya secara mandiri. Hal ini bertujuan untuk mengukur prosentase keaktifan mata kuliah terkait aktivitas dosen dan mahasiswa (bukan administrator). Beberapa hal yang masih dipertahankan dari mekanisme situs kuliah yang lama adalah mata kuliah tidak di-create per kelas dengan tujuan standarisasi materi perkuliahan. Untuk memisahkan peserta kelas satu dengan kelas lainnya, dosen diharapkan membuat groups/groupings sehingga mempermudah pengelolaan aktivitas perkuliahan. Setiap semester, KSI berusaha untuk memigrasikan data dari SIATMA ke situs kuliah sehingga dosen dan mahasiswa otomatis ter-enroll ke mata kuliah yang diambil atau diampu. Jika Bapak/Ibu mengalami permasalahan terkait situs kuliah, mohon menyampaikannya melalui Sistem Informasi Helpdesk KSI UAJY di alamat http://ksi.uajy.ac.id/helpdesk. Dan jika Bapak/Ibu membutuhkan bimbingan dalam menggunakan layanan ini, mohon menghubungi Layanan Helpdesk di extensi 4456, untuk mengatur jadwal Desktop Coaching dengan student staff KSI yang akan membantu Bapak/Ibu menggunakan layanan ini. Akhir kata mohon dukungan dari Bapak/Ibu dosen sekalian untuk memanfaatkan layanan situs kuliah ini. Mohon setelah Bapak/Ibu berhasil login, selain mengaktifkan mata kuliah dan meng-upload materi dan sumber daya lainnya, Bapak/Ibu juga mengupdate profil Bapak/Ibu, khususnya bagian nama dan alamat email dikarenakan pada saat melakukan import dari SIMKA, mungkin ada data yang salah/kurang. Terimakasih atas kesediaan Bapak/Ibu menggunakan layanan ini. Salam hangat dari KSI UAJY. Bidang Layanan Pengguna Kantor Sistem Informasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta